Perbandingan Genteng Metal Minimalis dan Genteng Tanah Liat

Pilih mana ya genteng tanah liat atau metal?

Tampaknya untuk orang jaman sekarang sudah mulai meninggalkan genteng tanah liat karena ketersediaannya juga sudah mulai tipis kemudian beralih ke genteng metal minimalis

Perbandingan Genteng Metal Dan Genteng Tanah Liat

Telah Anda ketahui bahwa genteng metal terbuat dari baja lapis ringan sedangkan genteng tanah liat terbuat dari tanah liat yang diolah dengan cetakan khusus kemudian dikeringkan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. 

Kelebihan Genteng Metal

  1. Mudah diaplikasikan dalam pemasangan atapnya.
  2. Tersedia dalam berbagai warna dan jumlah yang unlimited.
  3. Murah 
  4. Memiliki daya tahan yang lumayan lama
  5. Tahan karat
  6. Hanya membutuhkan aksesoris pemasangan genteng metal minimalis yang sedikit. 

Kelebihan Genteng Tanah Liat

  1. Lebih adem dan anti berisik
  2. Kuat hingga 40 tahun
  3. Tahan karat
  4. Bersifat netral (tidak merangsang sambaran petir).

Pemasangan genteng metal lebih cepat karena satu lembarnya terdiri dari 6 genteng susunan sedangkan pemasangan genteng tanah liat sedikit lama karena tukang harus menyusun satu per satu genteng agar rapi dan tidak terjadi geser bocor. Harganya? 

Untuk 1 lembar genteng metal minimalis (6 genteng) kisaran Rp. 70 ribuan, sedangkan 1 buah genteng tanah liat kisaran Rp. 2500 per buah. 

Model Genteng Metal

Anda bisa mengecek di toko atau distributor bahan bangunan tentang katalog modelnya. Ada genteng metal yang bentuknya seperti genteng tanah liat, ada pula genteng metal yang bentuknya lempengan memanjang, ada juga yang bergelombang memanjang. Berbagai model genteng metal dapat disesuaikan dengan konsep bangunan Anda. Jika atap bangunan Anda ingin berkonsep joglo maka gunakan genteng metal yang modelnya lempengan bergelombang. 

Pembelian genteng metal harus per lembar, bukan per meter ya sehingga Anda yang ingin kebutuhan banyak lebih bagusnya mengukur luas atapnya dahulu kemudian  memperhitungkan jumlah genteng metal yang akan dipasang. 

Cara pembelian genteng metal agar memperoleh kualitas bagus yakni dengan melihat ke gudang simpanan kemudian mengecek permukaan gentengnya dengan mengangkat ke atas, apakah ada titik lubang atau tidak. Jika ada titik lubang maka genteng metal tersebut bocor. Anda sentuhlah permukaan gentengnya apakah ketebalannya merata atau tidak. Jika ada bagian yang salah satu sisinya terlalu tebal maka jangan Anda pilih. 

Genteng metal minimalis artinya bukan genteng metal yang kualitasnya rendah ya tapi genteng metal yang sering dipakai untuk hunian model minimalis seperti pada perumahan tipe 36, 45 dan 54. Order sekarang juga yuk genteng minimalis agar Anda mendapatkan stok warna yang cocok untuk rumah idaman. Percayakan pemasangan genteng metal kepada tim ahli yang berpengalaman. Jangan memasang genteng metal tanpa adanya pengait karena jika hal itu terjadi akan merusak genteng ketika hujan badai. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *