Kenali Apa Itu Besi Plat Strip & Kelebihannya

Besi plat strip pasti sudah menjadi material yang familiar untuk Anda yang bekerja di industri pembangunan. Material ini memang cukup banyak digunakan dalam pembangunan karena beragam kelebihannya. Untuk Anda yang masih kurang familiar dengan plat strip besi, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Besi Plat Strip?

Plat strip besi atau juga biasa dikenal dengan nama besi plat bar adalah material stainless steel yang umum dipakai di sebuah bangunan atau konstruksi. Salah satu jenis besi ini terbuat dari berbagai macam material, seperti besi, karbon, krom, silikon, nikel, dan molibdenum dengan kadar yang tinggi.

Untuk menghasilkan plat strip besi yang sempurna, diperlukan peralatan dan proses produksi yang tepat. Bahan konstruksi yang satu ini memiliki ketebalan mulai dari 2mm hingga 60mm. Sehingga, konsumen dapat memilih ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi mereka. Tidak hanya ketebalan yang berbeda, besi plat strip juga dijual dengan ukuran yang berbeda pula.

Meskipun terbuat dari karbon, kandungan karbon pada besi plat strip umumnya rendah, yakni sekitar 0,04% hingga 0,1% saja. Karena itulah, material ini banyak digunakan untuk membuat kusen pintu, konstruksi kendaraan, dan pagar. Hal ini karena besi plat strip tahan terhadap korosi dan rayap sehingga membuatnya tahan lama.

Fungsi Besi Plat Strip

Setelah mengetahui sekilas tentang besi plat strip, lalu, apa saja fungsi dari material konstruksi satu ini? Berikut beberapa diantaranya:

  • Digunakan untuk membuat plat landasan dalam membangun sebuah konstruksi.
  • Digunakan sebagai plat lekat untuk melekatkan satu elemen bangunan dengan elemen lainnya.
  • Digunakan untuk membuat dudukan atau sepatu gording.
  • Digunakan untuk membuat stiffeners atau juga biasa disebut dengan plat rib.

Keunggulan Besi Plat Strip

Plat strip besi memiliki beragam keunggulan yang membuatnya banyak digunakan dalam konstruksi sebuah bangunan. Salah satunya sudah disebutkan, yaitu sifatnya yang tahan terhadap korosi. Karena sifat tersebut, plat strip besi memiliki daya tahan yang bagus sehingga produk yang terbuat dari plat strip besi dapat bertahan lama.

Selain itu, material bangunan ini juga mudah dibentuk sehingga lebih mudah dan cepat dalam pengerjaannya. Anda bisa membentuknya sesuai dengan bentuk produk yang ingin Anda buat. Plat strip besi juga hadir dalam berbagai ukuran dan ketebalan. Hal ini memberikan Anda beragam pilihan yang sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda.

Itu tadi adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang plat strip besi. Banyak perusahaan yang memproduksi material ini, sehingga pastikan Anda berhati-hati saat memilihnya. Pastikan plat strip besi berkualitas sehingga keamanan dan kenyamanan bangunan Anda terjamin. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan paling tidak setahun sekali untuk menjaga kualitas besi plat strip yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *