3 Ciri Utama Pipa Besi Sch 80 Yang Kuat Dan Bagus Untuk Industri Konstruksi

Penggunaan pipa besi schedule 80 akan sangat mudah anda temui di berbagai bidang, misalnya industri konstruksi. Di Indonesia sendiri, pipa besi sch sudah banyak dijual dan menjadi salah satu jenis pipa hitam terbaik. Ingin mengenal lebih dalam pipa sch? Simak kelebihan sekaligus ciri-ciri pipa sch yang bagus dibawah ini.

Apa Saja Kelebihan Pipa Sch?

Jika dibandingkan dengan jenis pipa yang lain, pipa sch memiliki lebih banyak kelebihan. Itulah yang membuatnya sering dipilih dan digunakan dalam industri. Berikut kelebihan pipa sch:

  1. Pipa Sch tahan terhadap korosi

Kelebihan utama pipa sch adalah tahan terhadap korosi. Namun, pipa ini akan rentan mengalami korosi jika digunakan sebagai pengalir cairan asam. 

Jenis pipa schedule ini sebenarnya dirancang khusus agar tahan korosi. Sehingga penggunaanya akan lebih nyaman dan bermanfaat. 

  1. Tahan terhadap tekanan dan suhu yang tinggi

Pipa besi sch ini juga tahan terhadap tekanan dan suhu yang tinggi. Biasanya tekanan cairan yang tinggi pada pipa bisa membuat kondisinya memburuk, dan jika pipa tidak memiliki daya tahan yang baik maka pipa tidak dapat berfungsi dengan baik. Tapi, dengan memilih pipa besi sch anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena pipa sch dirancang untuk tahan terhadap tekanan dan suhu yang tinggi sehingga tetap aman digunakan dalam jangka panjang. 

Ciri-ciri Pipa Sch yang Kuat dan Bagus

Adapun ciri-ciri pipa besi sch 80 yang kuat dan bagus yang bisa anda jadikan referensi saat memilih pipa besi, yaitu:

  1. Perhatikan diameter pipa sch

Sebelum membeli pipa besi sch sebaiknya perhatikan dulu berat pipa besi sch 80 dan diameter pipa. Pastikan diameter pipa yang akan anda beli sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Apakah penting? Tentu saja, karena membeli pipa sch sesuai standar yang telah ditetapkan akan memudahkan anda dalam proses pemasangannya nanti.

  1. Pilihlah pipa yang terbuat dari baja

Secara umum, pipa besi schedule 80 memang terbuat dari baja, namun tidak ada salahnya jika anda memeriksa ulang apakah pipa tersebut benar-benar dari baja. Sebagai tambahan informasi, pipa besi sch yang umum digunakan adalah pipa UOE (memiliki sambungan) dan seamless pipe (tanpa sambungan). 

  1. Pastikan pipa kuat dari kondisi asam

Pastikan pipa sch 80 yang anda, pilih kuat terhadap kondisi asam. Hal ini mengingat di dunia industri pipa akan lebih sering dan banyak digunakan untuk mengalirkan cairan yang bersifat asam. 

Apabila pipa yang dibeli tidak tahan asam tentu akan cepat rusak. Selain itu, membeli pipa besi sch 80 yang tahan terhadap asam juga membantu anda menghemat biaya sebab bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *