Jangan Salah! Ini Perbedaan Besi Plat Bordes Dengan Plat Kembang

Jika berbicara tentang besi plat bordes, banyak orang yang menganggap bahwa plat tersebut sama seperti plat kembang. Padahal, keduanya merupakan jenis plat yang berbeda. Berikut beberapa aspek yang menjadi pembeda antara plat bordes dan plat kembang.

Motif

Hal pertama yang membedakan plat bordes dengan plat kembang adalah motif. Jadi, dua jenis plat tersebut mempunyai motif khas dengan garis vertikal dan garis horizontal yang berlawanan arah. 

Namun, motif plat kembang terlihat lebih runcing. Ujung yang tajam tersebut terlihat pada garis vertikal dan horizontalnya. Sementara itu, motif plat bordes lebih landai pada bagian ujungnya.

Kegunaan

Perbedaan kedua terletak pada kegunaan dua jenis plat tersebut. Plat bordes lebih banyak digunakan untuk eksterior. Contohnya adalah sebagai lantai dasar untuk anak tangga di luar ruangan. Hal itu dikarenakan plat bordes mempunyai permukaan bermotif sehingga mengurangi resiko licin di luar ruangan karena genangan air.

Sementara itu, plat kembang lebih banyak digunakan sebagai desain interior. Contohnya adalah untuk membuat lantai di dalam ruangan, pijakan mobil angkutan umum, campuran bahan pembuatan dinding, dan plafon.

Plat kembang juga banyak digunakan pada kamar mandi dan dapur. Meskipun penggunaannya berbeda, tetapi dua jenis plat tersebut mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk mengurangi licin.

Ukuran

Aspek ketiga yang membedakan besi plat bordes dan plat kembang adalah ukurannya. Plat bordes mempunyai ukuran standar mulai dari 1-6 meter. Ada juga beberapa ukuran khusus seperti ukuran 1,22 x 3 meter dan 1,5 x 6 meter.

Ukuran tersebut bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan bangunan. Sementara itu, plat kembang mempunyai beberapa ukuran mulai dari 1,2 hingga 2,4 meter.

Ukuran tersebut masih bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan proyek pembangunan. Jika ingin menggunakan ukuran khusus, Anda bisa menggunakan ukuran terpanjang dari plat bordes, yaitu lebih dari 2,4 meter.

Kini Anda tentu sudah paham dengan perbedaan besi plat bordes dan plat kembang, bukan? Jadi, jangan sampai salah memilih jenis plat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *