Kenali Kelebihan dan Kekurangan Besi Hollow Berikut Ini

Banyaknya orang yang memutuskan menggunakan besi hollow dalam konstruksi bangunan karena daya kekuatannya yang unggulan, tentunya menjadikan sebagian orang juga tertarik untuk menggunakan jenis besi tersebut. Namun sebelum Anda menggunakan jenis besi ini, ada baiknya perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangannya di artikel berikut sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan penggunaan besi jenis hollow

Melihat begitu banyaknya orang yang kini beralih menggunakan besi jenis hollow ini, yakni karena besi tersebut menawarkan banyak sekali kelebihan dan di dalamnya. Adapun beberapa kelebihan dari besi jenis hollow antara lain sebagai berikut. 

  1. Memiliki kualitas yang cukup baik

Perlu Anda ketahui, bahwa besi jenis hollow banyak dipilih orang – orang karena memang memiliki kualitas yang cukup baik. Ini dikarenakan, jenis besi tersebut terbuat dari berbagai lapisan sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Berbeda dengan jenis besi lain yang tidak tahan terhadap api, untuk besi jenis hollow ini justru sebaliknya. 

  1. Proses pemasangan relatif lebih cepat dan mudah

Kelebihan lain yang ditawarkan besi jenis hollow, yakni lebih mudah dan cepat dalam proses pemasangannya. Hal ini bukan tanpa alasan, dikarenakan besi jenis hollow memiliki tekstur yang memang mudah dibentuk dan diaplikasikan pengguna. Dengan pemasangan yang mudah dan cepat, maka akan sangat menghemat waktu pengerjaan. 

  1. Tidak gampang mengalami korosi

Jika kebanyakan besi sering kali mengalami korosi, berbeda halnya dengan besi jenis hollow yang tidak gampang mengalami korosi. Pasalnya, besi jenis hollow satu ini hadir dengan menggunakan bahan galvalume, alumunium dan silikon yang berkualitas. Sehingga, risiko terjadinya korosi bisa diminimalisir dengan baik.

Kekurangan penggunaan besi hollow

Meskipun memiliki beberapa kelebihan dalam konstruksi bangunan, namun besi jenis hollow juga memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya. Beberapa kekurangan dari penggunaan besi jenis hollow, yakni sebagai berikut.

  1. Tidak cocok untuk rancangan bangunan dengan tanggungan beban terlalu berat dan besar

Penggunaan besi jenis hollow satu ini, umumnya tidak disarankan dalam rancangan bangunan dengan tanggungan yang terlalu berat dan besar. Sebab, besi jenis hollow ini memang dikatakan tidak terlalu mampu menanggung beban yang besar dan besar, dikarenakan kandungan lapisan yang ada di dalamnya. 

  1. Memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang

Kekurangan lain dari besi jenis hollow, yakni umumnya memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang, lantaran hanya tersedia dalam ukuran 6 meter saja. Yang mana, penggunaan besi jenis hollow ini hanya diaplikasikan dalam pembuatan pagar atau plafon yang memang memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang. 

Jadi, itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh besi hollow, yang mana perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan baik – baik sebelum memutuskan untuk membelinya di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *