Ini Dia 4 Fungsi Pipa Besi Wajib Diketahui

Pipa besi merupakan salah satu jenis pipa yang tersedia di distributor pipa dan termasuk material yang banyak dicari untuk keperluan konstruksi. Pipa ini juga hadir dengan sejumlah keunggulan dibandingkan pipa yang terbuat dari material plastic atau PVC. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya permintaan pipa besi di pasaran salah satunya untuk pipa black steel sch 40.

Keunggulan utama dari jenis pipa besi adalah sifatnya yang kuat dan dapat menahan suhu yang tinggi. Selain itu, distributor pipa juga menjual produk tersebut dengan harga yang cukup terjangkau, termasuk untuk pipa black steel sch 40. Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa fungsi penggunaan pipa besi.

Saluran Air dan Gas

Jenis pipa yang digunakan untuk mengalirkan air saat ini tidak hanya menggunakan pipa plastic atau polimer tetapi juga pipa besi. Pipa besi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengalirkan air panas tanpa merusak lapisan pada material pipa. Selain itu, pipa ini juga dapat mengalirkan air hidran dan air sprinkler. Selain air, pipa ini juga dapat digunakan untuk aliran gas non korosif.

Knalpot Kendaraan

Knalpot pada kendaraan bermotor baik motor atau mobil sering menggunakan pipa besi silinder. Sebagian produsen knalpot menggunakan besi pipa besi sebagai bahan dasar untuk produk mereka. Jadi wajar jika jenis pipa ini masih banyak dibutuhkan, khususnya di dunia otomotif.

Furniture

Selain untuk konstruksi, pipa besi juga cocok digunakan untuk membuat perabotan dan perlengkapan desain rumah. Material dari distributor pipa besi ini biasanya digunakan untuk furniture seperti meja, kursi, lemari, dan bangku untuk interior. Dengan sifatnya yang kokoh, furniture tersebut akan lebih tahan lama.

Sementara itu untuk eksterior, pipa besi sering digunakan sebagai tiang pagar, tangga, kanopi, rak tanaman, dan masih banyak lagi. Material ini dipilih karena mampu menopang beban yang lebih berat daripada pipa PVC.

Demikian beberapa fungsi pipa besi. Setelah mengetahui fungsi tersebut, Anda tentu akan lebih yakin ketika membeli material tersebut dari distributor pipa. Di pasaran, pipa besi termasuk pipa black steel sch 40 tersebut masih dikelompokkan lagi beberapa jenis yaitu pipa baja seamless, pipa welded, dan pipa besi welded.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *