6 Tips Penting Memakai Deep Fryer Dengan Aman

Deep fryer memberikan Anda kebebasan untuk berkreasi dengan berbagai jenis masakan dengan cara digoreng. Tapi, agar Anda tidak mendapatkan masalah saat memakai alat ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Berikut ini, tips untuk memakai deep fryer dengan aman.

Peletakan Deep Fryer

Pastikan Anda meletakkan deep fryer pada permukaan yang stabil, rata, dan tinggi. Hal ini akan mempermudah Anda saat menggoreng.

Tempat yang rata dan stabil juga mencegah deep dryer miring yang bisa menyebabkan minyak panas didalamnya tumpah. Hal itu tentu akan berbahaya untuk Anda. Selain itu, pastikan letak deep fryer jauh dari bahan-bahanyang mudah terbakar, seperit taplak meja atau tirai.

Periksa Bahan Bakarnya

Bila Anda menggunakan deep fryer gas, pastikan tabung gas terpasang dengan kencang dan benar. Untuk deep fryer listrik, pastikan kabel tercolok dengan benar pada colokan listrik. Jangan sampai kabel tercolok longgar karena bisa menyebabkan konsleting.

Selain itu, jangan juga mencoba memodifikasi atau menggunakan tabung gas yang berbeda dengan petunjuk pemakaian. Tabung gas pada petunjuk memang sudah diatur cocok untuk deep fryer tersebut sehingga aman digunakan.

Isi Minyak dengan Tepat Sebelum Menyalakan Deep Fryer

Sebelum menyalakan deep fryer, pastikan Anda sudah mengisi area penggorengan dengan minyak goreng. Selain itu, pastikan takaran minyak tepat sesuai dengan petunjuk penggorengan.

Bila Anda menyalakan deep fryer tanpa minyak, ada resiko terjadi kebakaran pada bagian penggorengan. Selain itu, takaran minyak jangan terlalu penuh karena saat Anda memasukkan bahan yang akan digoreng, minyak bisa tumpah. Hal itu tidak hanya beresiko melukai Anda, tetapi juga merusak deep fryer itu sendiri.

Kenakan Pakaian Yang Tepat

Jangan mengenakan pakaian dengan kain berlebihan, seperit ada selendang, scarf, atau rumbai-rumbai. Lalu, bila rambut Anda panjang, pastikan mengikatnya dengan rapi agar tidak tersulut minyak panas saat menggoreng.

Menyimpan Deep Fryer dengan Benar

Menyimpan deep fryer di tempat tertutup bebas debu sangat penting untuk mencegah kerusakan. Selain itu, hal ini juga dapat memperpanjang usia pemakaian alat penggorengan modern ini.

Tapi, pastikan sebelum Anda menyimpannya, baik di dalam kotak atau lemari, deep fryer harus dalam keadaan dingin. Minyak di dalamnya juga harus kosong dan bersih. Dengan begitu, maka deep fryer bisa dengan aman disimpan dalam tempat apapun.

Jangan Memodifikasi Deep Fryer

Hal terakhir yang harus diingat adalah Anda tidak bolen memodifikasi deep fryer secara sembarangan. Komponen di dalam deep fryer sudah diatur dan didesain agar berfungsi dengan baik dan aman. Modifikasi bisa merusak deep fryer dan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan.

Penutup

Dengan memakai deep fryer dengan benar, maka Anda akan mendapat alat penggorengan terbaik. Dan, akan ada banyak resep lezat yang dapat dibuat dengan alat ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *