Panduan Penting Memilih Atap Galvalum Baja Ringan Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Apabila Anda sedang merencanakan pembangunan atau renovasi rumah, maka pemilihan atap galvalum baja ringan bisa menjadi solusi terbaik. Dikarenakan, material konstruksi bangunan ini hadir dengan menawarkan banyak keunggulan di dalamnya. Meskipun di pasaran tersedia banyak pilihan galvalum, pastikan Anda menentukan pilihan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konstruksi bangunan.

Bagaimana cara memilih produk atap galvalum berkualitas sesuai kebutuhan?

Di tengah banyaknya tempat penjualan galvalum seperti sekarang ini, terkadang banyak orang yang bingung dalam menentukan pilihan produknya. Ini wajar, dikarenakan produk tersebut umumnya dijual dalam berbagai jenis, bentuk, merek sampai dengan harga penawarannya. Jika Anda di rumah termasuk salah satu orang yang sedang mencari galvalum, maka pastikan memilih produk sesuai kebutuhan konstruksi bangunan.

Demi mempermudah mendapatkan produk galvalum berkualitas, maka penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa tips di dalamnya. Adapun tips memilih produk galvalum untuk atap rumah, yakni sebagai berikut.

  1. Pertimbangkan gaya arsitektur rumah Anda

Ketika memilih atap galvalum, pastikan Anda mempertimbangkan gaya arsitektur rumah yang dimiliki. Diketahui, beberapa gaya arsitektur rumah modern atau minimalis biasanya akan menggunakan atap galvalum dengan desain bersih, sederhana dan garis – garis yang cenderung tegas.

Berbeda halnya jika gaya rumah yang dimiliki merupakan gaya rumah tradisional. Yang mana, desain atap galvanis yang cocok biasanya bergaya genteng tanah liat atau genteng beton. 

  1. Cek tingkat kemiringan atap rumah

Berikutnya, Anda juga perlu mengecek tingkat kemiringan dari atap rumah yang dimiliki terlebih dahulu. Umumnya, atap galvalum baja ringan terbilang lebih cocok untuk tingkat kemiringan rumah antara 5 sampai dengan 30 derajat.

Apabila kemiringan atap rumah Anda di bawah 5 derajat, maka dipastikan penggunaan atap galvalum kurang cocok diaplikasikan. Pasalnya jika tetap dipaksakan, hal ini justru akan berisiko menyebabkan kebocoran air.

  1. Pilih warna dan finishing produk sesuai desain rumah

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan warna dan finishing produk sesuai desain rumah. Di pasaran, umumnya banyak ditawarkan produk galvalum dengan berbagai jenis warna dan finishing yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan.

Misalnya yakni warna standar, warna cat pelapis sampai dengan warna dengan efek tekstur kayu. Untuk menentukan produk atap galvalum yang tepat, maka pertimbangkan warna dinding rumah, gaya fasad dan lingkungan sekitar.

  1. Perhatikan proses perawatannya

Adapun tips yang terakhir, Anda juga perlu memperhatikan mengenai proses perawatannya. Pada dasarnya, atap galvalum memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap masalah korosi dan cuaca ekstrem seperti panas maupun hujan sekalipun.

Akan tetapi, pastikan Anda memilih atap galvalum yang sudah dilapisi dengan perlindungan kuat. Ini dilakukan, agar penggunaan atap galvalum lebih awet dan tahan lama.

Jadi, itulah tadi beberapa tips penting dalam memilih atap galvalum baja ringan di pasaran, yang perlu Anda pertimbangkan baik – baik agar mendapatkan produk berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *