Atap Sirap Terbaik Kayu Ulin: Ukuran dan Keunggulannya

Pernah mendengar tentang atap sirap? Atap sirap merupakan salah satu penutup bangunan pada arsitektur tradisional jawa. Atap sirap telah telah banyak dijelaskan proses pembuatanya dalam berbagai naskah lama. Salah satu atap sirap terbaik terbuat dari kayu ulin, informasi selengkapnya, simak di sini! 

Ukuran Atap Sirap Kayu Ulin

Dalam berbagai naskah kuno dijelaskan bahwa ukuran lebar atap sirap menyesuaikan dengan lebar sirap dan sebaliknya. Contohnya, sirap yang lebarnya 12 dim, maka panjangan adalah 26 dim. 

Panjang 26 dim selanjutnya di bagi tiga dan pada bagian ujung di garis melintang, dan inilah yang disebut sebagai perseginya. Kemudian diturunkan selebar reng bangunan dan dibentuk menjadi curap. Kemudian akan muncul batasan yang disebut pundhakan.

Sirap ketep, yakni lembaran sirap paling bawah/akhir terbagi menjadi tiga bagian. Namun, secara penerapannya lebih seadanya dan tidak menggunakan pembagian yang pakem seperti di atas. 

Penyebutan sirap sendiri asal usulnya dari sarana yang menghentikan air hujan dan sinar matahari agar tidak masuk ke dalam bangunan. Jadi, air hujan dan sinar matahari bisa di-sirep dengan atap sirap tersebut. 

Keunggulan Menggunakan atap Sirap Terbaik Kayu Ulin

Menggunakan atap sirap kayu ulin mempunyai keunggulan yang tidak kalah bagusnya dengan jenis kayu yang lain. Inilah keunggulan menggunakan atap sirap kayu ulin, yaitu: 

  1. Tahan Terhadap Cuaca 

Kayu ulin mempunyai ketahanan sangat bagus terhadap cuaca, angin, panas, hingga suhu ekstrem. Tahan cuaca yang dimiliki kayu ulin membuat atap sirap lebih awet dan tahan lama. 

  1. Tahan Kebakaran 

Meski terbuat dari kayu, namun atap sirap kayu ulin tahan dari kebakaran. Hal ini karena, kayu ulin memiliki sifat sulit terbakar dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk atap rumah Anda. 

  1. Tahan Serangan Hama 

Kayu ulin ternyata lebih tahan hama, seperti jamur dan rayap. Kelebihan yang demikian bisa menjadikan kayu ulin sebagai atap sirap yang mempunyai ketahanan lebih lama. 

  1. Tampilannya Estetis 

Penggunaan kayu ulin sebagai bahan atap sirap mempunyai tampilan yang estetis dan unik. Hal ini terjadi, sebab kayu ulin mudah dibentuk daripada jenis kayu yang lain. 

Itulah penjelasan tentang ukuran dan keunggulan atap sirap terbaik kayu ulin yang perlu diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *