Manfaat Dan 6 Faktor Pertimbangan Kuliah S1 Data Science

Kuliah S1 data science popularitasnya kian meningkat beberapa tahun ini. Jurusan tersebut memanglah cocok bagi anda yang senang mengulik matematika, analisis data, dan memecahkan masalah pada sebuah data besar yang harus diselesaikan oleh seorang saintis data. Program ini menawarkan banyak hal menarik seperti berikut ini.

Manfaat Program Data Sains

Data sains menawarkan sederet manfaat, antara lain :

  • Prospek karir

Melihat dari sisi prospek karirnya, di Indonesia sendiri peluangnya terbilang besar dan terus naik setiap tahunnya.

  • Nilai profesionalitas

Ahli data sains lebih banyak dilirik para pemilik bisnis dan perusahaan besar untuk bantu mereka mengolah data besar.

  • Banyak opsi

Secara akademik, data sains menawarkan opsi disiplin keilmuan yang variatif.

  • Fleksibilitas waktu dan tempat

Seorang ilmuwan data punya kesempatan bekerja secara remote dari mana saja, sehingga jelas anda akan lebih bebas dari segi tempat kerja.

Faktor Pertimbangan Memilih Data Sains

Dalam memilih jurusan kuliah tentunya anda punya beberapa pertimbangan yang dipikirkan sebelum mantap menentukan mana yang dipilih. Berikut diantaranya :

  1. Akreditasi dan reputasi kampus

Meski program ini sedang naik daun, namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan segi akreditasi dan reputasi kampus pilihan. Dua elemen penting ini mencerminkan institusi serta program yang akan anda jalani.

  1. Waktu

Umumnya rata-rata kuliah menghabiskan waktu sekitar 4 tahun dan 2 tahun jika anda lanjut studi. Di sela-sela kuliah anda juga perlu memanfaatkan waktu untuk meningkatkan keahlian melalui magang dan sertifikasi profesional.

  1. Kesempatan lanjut studi

Keahlian yang anda kembangkan di jurusan ini terus meningkat seiring berubahnya zaman dan lahirnya konsep baru. Setelah lulus kuliah anda dapat mengambil kelas tambahan untuk mengembangkan keahlian baru agar tetap relevan.

  1. Koneksi industri dan pengajar

Adanya ahli data sains sebagai pengajar merupakan hal krusial untuk kegiatan belajar yang efektif dan komprehensif langsung dari ahlinya. Anda juga bisa mencari tahu siapa saja pengajarnya dan koneksi kampus terhadap industri luar untuk keperluan magang, kolaborasi, hingga lowongan pekerjaan.

  1. Fasilitas dan sumber daya

Selanjutnya, pertimbangkan fasilitas dan sumber daya yang kampus tawarkan kepada anda pada jurusan ini, misalnya akses sistem komputer performa tinggi, laboratorium data, perpustakaan, dan masih banyak lagi.

  1. Dukungan alumni

Kampus terbaik mesti menyediakan laman khusus dukungan alumni, informasi karirnya untuk memberi anda pemahaman berkaitan jurusan yang dipilih. Keuntungan dari fasilitas ini adalah memudahkan fresh graduate mendapat informasi seputar lowongan pekerjaan hingga saran karir.

Kesimpulan

Dengan manfaat dan beberapa faktor memilih kuliah S1 data science yang telah kami jabarkan diatas semoga dapat membantu anda menentukan program studi yang dipilih untuk masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *